Website Resmi SMAN 1 GU

Silabus & RPP

INSPIRASI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SMA

Oleh : agus (sman1gu)

  1.  Rasionalisasi

Pendidikan merasa bahwa RPP saat ini terlalu banyak karena banyak komponen yang harus ada sehingga jumlah halamannya banyak. oleh karena itu pusat kurikulum dan pembelajaran menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) inspiratif untuk pendidik. RPP ini hanya satu lembar, dengan komponen utama tujuan pembelajaran, aktifitas dan penilaian.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran  (RPP) disusun dalam  satu halaman yang terdiri  dari 3 kom­ponen utama, yaitu tujuan pembelajaran, ke­ giatan pembelajaran, dan asesmen.  RPP satu  halaman bertujuan  untuk memberikan guru kebebasan berekspresi dalam melaksanakan proses pembelajaran. Dalam pelaksanaannya  guru dapat menyesuaikan rpp dengan  kondisi  kelas dan peserta didik.

Tujuan     pembelajaran diturunkan  dari kompeten­ si   dasar    dan    diuraikan menjadi kompetensi-kom­petensi  yang akan dicapai peserta    didik.     Kegiatan pembelajaran  diisi dengan   aktivitas-aktivitas sesuai sintaks model  pem­belajaran  untuk  mencapai kompetensi  yang telah di­ tentukan.

Kegiatan     pembelaja­ran      perlu       dilengkapi dengan     dokumen     pendukung,   contohnya    pada kegiatan  percobaan   perlu dilengkapi    dengan   langkah-Iangkah      percobaan. Langkah-Iangkah      perco­ baan tersebut   dapat  dituliskan   dalam   buku   panduan  praktikum.

Asesmen  yang  dilakukan meliputi  3 aspekyaitu  penge­ tahuan, keterampilan, dan sikap. Praktiknya, proses asesmen         membutuhkan rubrik penilaian yang dis­usun oleh masing-masing guru  sesuai dengan  pembe­lajaran yang telah dilakukan­nya. Satu kegiatan dapat mencakup tiga aspek   penilaian sekaligus. Contohn­ ya, saat peserta didik melaku­kan percobaan guru dapat menilai  pengetahuan, keter­ ampilan, dan sikap dari perserta  didik  tersebut.

Setelah melaksanakan proses pembelajaran,  guru harus melakukan  refleksi ter­ hadap dirinya sendiri sebagai salah satu bentuk asesmen formatif.  Hasil refleksi tersebut digunakan sebagai masukan  untuk  pelaksanaan pembelajaran   berikutnya.

RPP yang saya berikan hanya berupa contoh dari 6 mata pelajaran juga ada 6 bentuk RPP, dalam satu satuan pendidikan bisa mengambil satu model RPP untuk semua mata pelajaran, atau keenam model digunakan pada mata pelajaran tertentu (kurang jelas…?, begini maksud saya kita ambil salah satu model kemudian model itu digunakan mata pelajaran Peminatan IPS, trus model lain di gunakan untuk mata pelajaran peminatan IPA… dan seterusnya …. )

2. RPP (1 halaman)

== Model-1

== Model-2

== Model-3

==Model-4

==Model-5

==Model-6

Solahkan pilih mau model yang bagaimana… ? Perlu ditrentukan Oleh Anggota Dewan Guru SMAN 1 Gu.

Share this 

Facebook 0
WhatsApp
Twitter
Google+ 0
Email